Salah satu program unggulan yang menjadi tugas SMA Negeri 1 Krembung adalah penyelenggaraan program SKS dengan pemenuhan dan pengembangan 8 Standar Nasional Pendidikan hingga melampaui Standar Nasional Pendidikan. Program ini berkaitan dengan status SMA Negeri 1 Krembung sebagai Satuan Pendidikan Penyelenggara Sistem Kredit Semester (SPP-SKS)

Berikut adalah indikator keberhasilan program pencapaian 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan.

  1. Standar Kompetensi Lulusan :
  • Kriteria Ketuntasan Belajar (KB) Rata-rata mencapai 3.00
  • Penyelenggaraan program PIB sepanjang tahun untuk kelas XII
  • Tingkat Kenaikan Kelas 100% , Tingkat Kelulusan 100%
  • Mengikutsertakan siswa dalam Lomba Akademik dan Non Akademik
  • Bimbingan dalam menyusun karya tulis, sastra dan pembuatan film
  • Pelatihan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan melalui LDKS dan Pengembangan Diri
  • Pelatihan Imtaq secara berkesinambungan
  • Gelar Pentas Seni dan Kreativitas bertaraf nasional
  1. Standar Isi :
  • Ketersediaan Dokumen Kurikulum sesuai Peraturan Pemerintah
  • Memiliki Tim Pengembang Kurikulum
  • Menyusun dan melaksanakan Kurikulum SMA Negeri 1 Krembung
  • Workshop (IHT) berkesinambungan untuk penyusunan perangkat pembelajaran
  • Pengembangan Muatan Lokal
  1. Standar Proses Pembelajaran :
  • Matrikulasi kemampuan dasar siswa melalui Placement Test
  • Pengembangan Diri melalui peningkatan budi pekerti, peduli lingkungan, tata tertib, cinta budaya, kesehatan lingkungan, dsb
  • Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK/ICT
  • Pelaksanaan Kegiatan pembelajaran dengan Tatap Muka maupun Non Tatap Muka (penugasan terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur, tugas lapangan dsb.)
  • Optimalisasi pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar
  • Melayani siswa dengan kegiatan Remedial maupun Pengayaan, pengembangan strategi pembelajaran yang mengacu pada standar nasional pendidikan
  • Menerapkan Pembelajaran berbasis TIK/ICT
  1. Standar pendidik dan Tenaga Kependidikan :
  • 100% guru sudah berijazah S1 dan sebagian sudah S2
  • Lebih dari 90% guru menguasai teknologi komputer
  • Lebih dari 90% guru telah lulus Sertifikasi Profesi Guru
  • Peningkatan kemampuan guru melalui pelatihan dan workshop sampai dengan tingkat nasional
  • Memiliki tenaga kependidikan yang sesuai bidangnya secara professional dan  memenuhi kebutuhan sekolah
  • Terdapat Tim Penelitian dan Pengembangan yang mendukung pelaksanaan program sekolah
  1. Standar Sarana dan Prasarana :
  • Jumlah rombongan belajar memenuhi Standar Nasional, yaitu 32 rombongan belajar
  • Memiliki lahan yang sangat memenuhi Standar Nasional, baik dari segi luasan maupun lokasi
  • Bangunan gedung memenuhi >90% rasio minimum luas lantai terhadap peserta didik
  • Bangunan gedung memenuhi standar keamanan, kesehatan dan kenyamanan
  • Memiliki kelengkapan sumber belajar baik dalam bentuk buku maupun elektronik
  • Telah menerapkan teknologi digital dalam pelayanan Perpustakaan
  • Memiliki Laboratorium Biologi, Fisika, Kimia, Mulok, Multimedia, Komputer, Internet, Teater dan Seni
  • Telah memenuhi hampir semua kebutuhan jenis ruang yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan
  • Penambahan koleksi sumber belajar secara berkala
  1. Standar Pengelolaan :
  • Memiliki visi, Misi dan TUjuan sekolah yang jelas dan dirumuskan bersama oleh warga sekolah
  • Visi, Misi dan Tujuan sekolah ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan tantangan di masyarakat
  • Memiliki Rencana Kerja dan Rencana Anggaran yang terbuka untuk program tahunan, jangka menengah dan jangka panjang
  • Pimpinan dan guru maupun tenaga administrasi mempunyai uraian tugas, wewenang dan tanggung jawab yang jelas, mengacu pada Standar Nasional Pendidikan
  • Adanya program kerjasama dengan instansi/lembaga pendidikan dalam rangka pelaksanaan program: Muatan Lokal, Pendidikan Kecakapan Hidup, Pendidikan Berkeunggulan Lokal, Uji Kompetensi dll.
  • Pelaksanaan pertemuan rutin sekolah dengan orang tua
  • Pelaksanaan rencana kerja kurikulum dan kegiatan pembelajaran, Kesiswaan, Sarana Prasarana dan HUbungan masyarakat mengacu pada Standar Nasional Pendidikan
  • Memenuhi Fasilitas fisik untuk kegiatan ekstra-kurikuler disesuaikan perkembangan kegiatan ekstra-kurikuler peserta didik
  • Sekolah menciptakan suasana, iklim dan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran
  • Adanya kode etik dan Tata Tertib sekolah yang mengatur pendidik dan peserta didik memuat norma dan cakupan ketentuan yang sesuai standar nasional pendidikan
  • Tersedia fasilitas informasi yang efisien, efektif dan mudah diakses meliputi Telpon, Faximile, Televisi, Radio,Buletin, brosur/leaflet/ booklet/Video CD/sejenisnya, Jaringan intranet (LAN), Jaringan internet, Email, dan Website
  1. Standar Pembiayaan :
  • Sekolah mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan pendidikan secara mandiri
  • Menggali, mengelola dan memanfaatkan dana dari berbagai sumber (orang tua siswa, masyarakat, pemerintah, dan donatur).
  1. Standar Penilaian :
  • Memiliki Perangkat penilaian sesuai ketentuan.
  • Adanya Dokumen Laporan Hasil Belajar Siswa (Rapor) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Proses penilaian oleh Pendidik, menggunakan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan ketentuan
  • Melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester dalam bentuk nilai prestasi belajar disertai deskripsi ketercapaian kompetensi.