SMA Negeri 1 Krembung terletak di kawasan pertanian dan perkebunan di desa Mojoruntut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo, kurang lebih 25 km dari pusat kota Sidoarjo. Menempati tanah seluas  hampir  22.771 meter persegi, berada dalam suasana desa yang sejuk dan nyaman,  sangat sesuai sebagai suasana untuk belajar.

SMA Negeri 1 Krembung  didirikan tahun 1983, adalah SMA Negeri yang menampung lulusan SMP di sekitar kecamatan Krembung, Porong, Prambon dan Tulangan. Bahkan pada beberapa tahun terakhir telah banyak menarik minat lulusan SMP Negeri dan swasta yang ada di kota Sidoarjo.

Dilihat dari input siswanya, kemampuan akademik  rata-rata berada pada tingkat menengah ke atas. Setidak-tidaknya dapat dilihat dari data Penerimaan Peseta Didik Baru se-Kabupaten Sidoarjo dua tahun terakhir, di mana untuk bisa masuk SMA Negeri 1 Krembung harus mengikuti tes masuk dengan persyaratan khusus (nilai rapor SMP di atas rata-rata dan mengikuti tes potensi akademik). Sebagai data, PPDB tahun 2014/2015 jumlah pendaftar 763 siswa, pendaftar diterima 352 siswa. PPDB tahun 2015/2016 jumlah pendaftar 1.048 siswa, pendaftar diterima 358 siswa.

Dari data output, siswa SMA Negeri 1 Krembung lulusan tahun 2013/2014 yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan sebanyak 62 siswa. Dan lulusan tahun 2014/2015 yang diterina di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan sebanyak 87 siswa

Kondisi ini terus memacu guru-guru SMA Negeri 1 Krembung untuk meningkatkan profesionalismenya demi pelayanan kepada peserta didik SMA Negeri 1 Krembung.

Di samping itu, prestasi siswa pada even-even adu prestasi baik tingkat lokal maupun nasional semakin meningkat. Dalam tahun ini, beberapa siswa berhasil menjuarai lomba tingkat nasional.

Hal lain yang menjadi perhatian orangtua dan masyarakat terhadap SMA Negeri 1 Krembung adalah tingkat kedisiplinan yang diterapkan bagi siswanya, dengan school culture agamis serta penegakan Tata Tertib.

Semua keberhasilan ini sejalan dengan konsep pendidikan yang tidak hanya menekankan pada aspek kognitif namun juga afektif dan psikomotor.

Hal ini pula yang akhirnya menarik perhatian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk menetapkan SMA Negeri 1 Krembung sebagai salah satu piloting sekolah yang mengimplemantasikan Kurikulum 2013 dan Dinas Pendidikan Sidoarjo menetapkan SMA Negeri 1 Krembung sebagai Satuan Pendidikan Penyelenggara Sistem Kredit Semester (SPP-SKS) pada tahun pelajaran 2014/2015.

Keberhasilan tersebut akan terus menerus ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya. Inovasi pengelolaan sekolah, khususnya berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran dan pemenuhan fasilitas belajar, menjadi prioritas utama.

Di samping itu, program-program yang lain untuk pencapaian delapan standar nasional pendidikan juga terus dilaksanakan, sebagai bagian terintegrasi dari Satuan Pendidikan Penyelenggara Sistem Kredit Semester (SPP-SKS).